Posted by: zikrashilviana | December 31, 2010

Peran Operator Telekomunikasi dalam Pengadaan Pendidikan di Daerah Terpencil Secara Bertingkat dan Berkelanjutan

Operator sebagai penyedia layanan telekomunikasi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dapat turut serta dalam membantu dunia pendidikan di Indonesia, terutama di daerah terpencil yang belum semaju daerah perkotaan.  Bantuan tersebut dapat berupa  pemberian fasilitas, pemberian insentif, serta peningkatan kemampuan tiap individu. Salah satu contoh perusahaan operator telekomunikasi yang telah melakukannya adalah PT XL Axiata Tbk.

Beberapa program telah dilakukan sebagai bentuk CSR XL, berdasarkan data di Website resmi XL,  sejak tahun 2006 telah dimulai ‘program Indonesia Berprestasi’ yang memiliki dua fokus yaitu pendidikan masyarakat dan pendidikan di bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi. Aktivitas yang telah dilakukan atas perwujudan dari program ini adalah ‘Indonesia Berprestasi Award’, pemberian komputer dan koneksi internet yang ditargetkan untuk membantu 60 sekolah dan 300 murid setiap tahunnya, training penggunaan internet yang baik dan bahasa inggris, pemberian bantuan peralatan multiplexer transmission kepada 14 universitas di Indonesia, pemberian insentif pendidikan bagi murid berprestasi yang kurang mampu, pembangunan sekolah, taman membaca dan perpustakaan di Sentani, pembangunan taman pintar telekomunikasi di Yogyakarta serta bantuan perpustakaan keliling.

Seluruh kegiatan tersebut sudah sangat baik, namun akan bertambah baik lagi jika kegiatan bantuan untuk pendidikan tersebut dilakukan secara bertingkat dan berkelanjutan pada daerah terpencil yang berpotensi tinggi. Hal itu dikarenakan pendidikan tidak dapat hanya dilakukan dalam waktu yang singkat dan instan. Misalnya saja, pendidikan formal dilakukan secara bertingkat yaitu mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas lalu dilanjutkan ke universitas. Oleh karena itu, program bantuan pendidikan bertingkat dan berkelanjutan oleh operator telekomunikasi ini dapat dibagi berdasarkan tingkat pendidikan formal. Dalam penyelenggaraannya juga memerlukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti dinas pendidikan,  institusi pendidikan swasta, pihak vendor dan masyarakat.

Sebagai permulaan, operator dapat bekerjasama dengan dinas pendidikan untuk mencari suatu sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah kejuruan didaerah terpencil yang memiliki siswa-siwa dengan potensi sangat baik. Setelah itu, bantuan yang berbeda-beda diberikan ke setiap tingkatan.

Untuk tingkat sekolah dasar didaerah, bantuan yang diberikan dapat berupa penumbuhan dan peningkatan minat baca, pemberian pengetahuan dasar mengenai telekomunikasi, perbaikan dan peningkatan fasilitas sekolah, pemberian insentif bagi siswa berprestasi serta pengajaran bahasa bagi siswa dan guru. Penumbuhan dan peningkatan minat baca dapat dilakukan dengan pembangunan taman bacaan dan perpustakaan ataupun penyediaan perpustakaan keliling. Untuk memberikan pengetahuan mengenai dasar telekomunikasi dapat dibangun taman pintar telekomunikasi. Dengan adanya taman pintar tersebut, anak-anak dapat mengetahui hal-hal dasar mengenai telekomunikasi dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Setelah minat baca dan pengetahuan dasar mengenai telekomunikasi diberikan, pendidikan formal tiap anak juga harus ditingkatkan dengan memperbaiki ruang kelas yang ada sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan nyaman serta pemberian beasiswa ataupun peralatan sekolah kepada siswa yang berprestasi agar para siswa semakin termotivasi untuk belajar dengan baik. Operator juga dapat memberikan bantuan untuk kurikulum yang ada seperti yang dilakukan oleh XL, dengan mengajak british council dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris bagi pengajar dan siswa yang ada. Para siswa dari sekolah dasar yang memiliki prestasi akademis sangat baik dapat diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah menengah pertama yang mengikuti program bantuan dari operator juga agar pendidikan yang berkelanjutan yang dimaksud dapat terwujud.

Pada tingkat sekolah menengah pertama, operator dapat memberikan bantuan berupa pengenalan telekomunikasi secara umum, peningkatan fasilitas sekolah, pemberian beasiswa serta peningkatan kemampuan bahasa inggris. Pemberian komputer dan koneksi internet menjadi salah satu alternatif bantuan yang dapat diberikan oleh operator dan hal tersebut telah dilakukan oleh PT XL Axiata melalui program ‘Indonesia Berprestasi’. Komputer dan internet menjadi komponen yang penting dalam pendidikan karena siswa dapat belajar secara mandiri dan mendapatkan tambahan informasi yang tidak didapat dari guru dikelas ataupun buku pegangan yang dipakai disekolah. Namun, pemberian edukasi mengenai cara penggunaan internet yang baik dan sehat juga harus diberikan oleh operator agar setiap siswa dapat menggunakan internet dengan lancar dan untuk tujuan yang baik serta dapat mempertahankan minat baca yang ada dengan media internet. Selain itu, pengenalan mengenai dunia telekomunikasi secara umum, proses penyediaan telekomunikasi dan komponen dasar telekomunikasi serta bahasa inggris juga harus diberikan kepada siswa agar dapat mengembangkan pengetahuan dasar telekomunikasi yang diberikan pada tingkat sebelumnnya. Diharapkan pada tingkat sekolah menengah pertama ini, para siswa mengerti mengenai telekomunikasi dan dapat menggunakan peralatan telekomunikasi seperti handphone, telephone, komputer yang terkoneksi ke internet, dll. Para siswa berprestasi dari sekolah menengah pertama ini kemudian dapat diberikan beasiswa untuk melanjutkan ke sekolah menengah atas yang dibantu oleh operator juga.

Tingkatan selanjutnya adalah sekolah menengah atas ataupun sekolah menengah kejuruan. Operator dapat memberikan bantuan komputer, koneksi internet, dan pengajaran pemakaian internet yang baik, bahasa inggris serta update terbaru mengenai perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang digunakan saat ini . Namun terdapat perbedaan untuk bantuan sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan. Untuk sekolah menengah kejuruan, operator dapat memberikan bantuan perangkat telekomunikasi agar para siswa dapat mempraktekkan teori yang mereka dapat dengan fasilitas yang memadai sehingga ketika masuk dunia kerja, mereka tidak bingung dengan peralatan yang harus mereka operasikan. Operator dapat menjadikan lulusan sekolah menengah kejuruan yang berkualitas ini sebagai karyawan kontrak ataupun outsourcing di perusahaannya untuk mengoperasikan network element yang ada. Sedangkan untuk sekolah menengah atas, operaotr dapat memberikan beasiswa untuk siswa berprestasi agar dapat melanjutkan pendidikan ke universitas, terutama yang menginginkan jurusan teknik telekomunikasi.

Pada tingkat universitas, khususnya jurusan teknik telekomunikasi, banyak yang bantuan dapat diberikan oleh operator, misalnya peralatan telekomunikasi seperti multiplexer transmission agar mahasiwa dapat memahami konsep telekomunikasi dengan lebih baik lagi serta mempraktekkannya. Selain itu, operator dapat juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk melakukan kunjungan ke perusahaan operator tersebut yang disertai dengan penjelasan mengenai proses end-to-end penyelenggaraan telekomunikasi. Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengetahui proses penyelenggaraan telekomunikasi secara menyeluruh serta dapat mengetahui peralatan yang digunakan dalam proses itu secara langsung dilapangan. Operator juga dapat memberikan bantuan pencerahan mengenai kondisi bisnis telekomunikasi yang ada saat ini, seperti yang dilakukan oleh XL di Universitas tempat saya kuliah. Beberapa orang penting PT XL Axiata Tbk datang untuk mengisi beberapa pertemuan kuliah umum kapita selekta teknik telekomunikasi di Institut Teknologi Bandung. Pertemuan pertama kuliah tersebut diisi oleh Bapak Hasnul Suhaimi  (CEO PT XL Axiata Tbk) yang membawakan kuliah berjudul “Leveraging the Telco Industry”, kemudian pertemuan selanjutnya diisi oleh Mr. Wim Timmerman (Finance Director PT XL Axiata Tbk) yang membawakan lanjutan materi berjudul “Value Creation and Management Lessons in the Indonesian Telco Industry”. Materi tersebut dilanjutkan oleh Ibu Dian Siswarini (Network Director PT XL Axiata Tbk) pada pertemuan selanjutnya dengan judul “Telecom Industry and Market Insight”. Dengan adanya kuliah dari pelaku industri tersebut, mahasiswa dapat mengetahui kondisi bisnis telekomunikasi saat ini.

Bentuk bantuan lain dari operator untuk tingkat universitas adalah pemberian kesempatan mahasiswa untuk melakukan kerja praktek, magang dan riset tugas akhir di perusahaannya. Operator juga dapat melakukan kerjasama dengan vendor untuk memberikan beasiswa dan sertifikasi dengan harga terjangkau untuk mahasiswa. Contoh sertifikasi yang dapat diberikan adalah CCNA, yang dapat bekerjasama dengan vendor cisco, ataupun sertifikasi dengan vendor lain. Dengan adanya kerjasama ini, mahasiswa dapat melakukan sertifikasi bertaraf internasional dengan harga terjangkau sehingga meningkatkan kualitas mahasiswa tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minat baca harus selalu ada. Maka operator dapat juga memberikan bantuan dengan melakukan kerjasama dengan dosen dan penerbit untuk membuat buku mengenai telekomunikasi untuk semua tingkatan sekolah dan tentunya tetap menarik dibaca.

Selain sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, dengan adanya program berkelanjutan ini, operator juga mendapat keuntungan, antara lain, operator dapat mempekerjakan lulusan SMK dan universitas yang telah mereka ketahui kualitasnya serta kesempatan untuk melakukan kerjasama project dengan pihak universitas seperti dosen dan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir.

Zikra Shilviana

13207079

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: